5 Tren Web Design 2018 untuk Menunjang Pemasaran Online Anda

5 Tren Web Design 2018 untuk Menunjang Pemasaran Online Anda

Dalam bisnis online, website mempunyai peran yang tak kalah vital dari media sosial. Pasalnya, dalam beberapa aspek, situs web memiliki fitur lebih lengkap dan memudahkan konsumen yang ingin transaksi tanpa harus berkomunikasi lewat aplikasi chatting. Website juga menjadi ‘etalase’ yang diandalkan e-commerce yang sedang menjamur di Indonesia.

Website yang Anda kelola sebagai toko virtual tentu harus didesain sebaik mungkin agar konsumen mau berbelanja produk di sana. Merancang situs berdasarkan tren desain dan teknologi merupakan salah satu langkah yang dapat Anda ambil. Berikut ini referensi untuk tren pada 2018 yang bisa Anda terapkan.

1. Web Push Notification
Web Push Notification belakangan menjadi tren. Dengan fitur ini, konsumen bakal mengetahui produk digital teranyar dan kabar dari toko Anda. Ada pun alasan-alasan yang membuat Web Push Notification diminati penggiat bisnis digital, antara lain:
* Notifikasi hanya dikirim dari situs dan tidak tergantung aplikasi tertentu
* Update teranyar bisa dipakai untuk mengundang perhatian pengunjung website. Kontennya bisa berupa produk, berita, hingga promo terbaru;
* Segmentasi push notification yang memungkinkan Anda untuk melakukan segmentasi notifikasi sesuai perilaku konsumen. Datanya bisa Anda peroleh dari analysis tool push notification.

2. Chatting dengan Bots
Fitur selanjutnya yang bakal sering diminta dalam cara membuat web untuk bisnis adalah Bots. Di sini, Bots merupakan pengembangan konsep interaksi mikro yang sudah lama diterapkan. Pada 2018, Chat Bots akan kerap Anda jumpai. Program ini didesain untuk mensimulasi percakapan. Dalam praktiknya, Chat Bots akan membantu tim customer service melayani pelanggan secara online. Dengan begitu, tak akan ada konsumen yang terlalu lama menunggu.

3. Melawan Ad Blockers
Ad Blockers merupakan ekstensi untuk mematikan iklan yang membantu pengguna internet ‘mengusir’ pop ad di laman peramban. Di sisi lain, software memberikan dampak pada tren teknologi, khususnya pengembangan website. Sampai sekarang, jumlah situs web yang meminta pengguna menonaktifkan Ad Blockers semakin banyak. Tanpa mematikannya, Anda tak akan bisa mengakses website tersebut.

Keberadaan Ad Blockers juga berpengaruh pada bisnis online yang tergantung pada iklan-iklan virtual. Selain itu, ekstensi tersebut berpotensi merusak tampilan situs. Kemudian, Ad Blockers juga merepotkan pebisnis yang tergantung pada SEO. Pasalnya, sejumlah Ad Blockers tak hanya menonaktifkan display ad, tetapi juga ads pada mesin pencari. Hal ini mempengaruhi hasil pencarian secara organik. Sebagai soluisnya, Anda harus menciptakan konten berkualitas dengan teknik onsite SEO agar pengunjung mau membagikan konten tersebut.

4. Virtual dan Augmented Reality
Tren produk digital berbasis Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) akan semakin popuper pada 2018. Contohnya sudah dapat Anda saksikan sendiri dalam sejumlah gawai seperti smartphone dan laptop. Kendati belum banyak digunakan, VR dan AR diprediksi bakal masuk ke tengah masyarakat berkat bantuan perkembangan teknologi yang semakin canggih—termasuk untuk website.

5. Desain website responsif
Dari sekian banyak analitik situs web, setidaknya lebih dari 60% pengunjung website mengakses situs melalui perangkat mobile seperti ponsel pintar atau tablet. Tren teknologi maupun desan website pada 2018 nanti diperkirakan bakal mengarah pada pengembangan situs yang mobile friendly. Sejumlah situs web sudah mengadaptasi tampilan mobile yang membuat antarmukanya mudah dijalankan.

Demikian poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat menerapkan cara membuat web untuk bisnis pada 2018. Semoga bermanfaat!

Silahkan Berlangganan dan Download 3 Ebook Gratis Mencerdaskan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.