7 Rahasia Sukses Melakukan Penjualan

7 Rahasia Sukses Melakukan Penjualan

7 Rahasia sukses dalam melakukan penjualan akan penulis jabarkan disini. Harapanya akan berguna menambah wawasan dan bermanfaat bagi yang belum bisa melakukan penjualan secara terus menerus. Bahwasanya dunia bisnis itu perlu cara-cara khusus agar bisa diterima di mata konsumen.

1. Interpersonal skill, Yaps ini menjadi urutan teratas dari enam point lainya. Karena hal ini menjadi viral untuk kelangsungan usaha anda. Apa sih artinya Interpersonal skill itu klo ada yang belum tau?

Adalah kemampuan seseorang secara efektif untuk berinteraksi dengan orang lain maupun dengan rekan kerja ( rekan bisnis ). Sederhananya saja, anda bisa membuat orang lain percaya serta nyaman saat komunikasi berlangsung bahkan waktu yang akan datang. Mulai dari gerak gerik tingkah laku sampai nada bicara sangat menentukan terciptanya interpersonal skill kita terhadap orang lain.

Cukup mudah teorinya, Namun banyak orang yang belum mampu meraihnya. Saat saya kuliah saja ini ada dalam mata kuliah yang wajib diikuti. Jadi memang sangat penting Interpersonal skill ini bagi setiap orang. Sebelum anda menawarkan produk yang akan dijual, maka diutamakan anda harus menjual diri anda dulu ( meyakinkan calon pembeli ).

Jika ilmu ini sudah anda kuasai, akan mudah sukses melakukan penjualan.

2. Tentukan Langkah Strategis Untuk Produk Anda

Langkah seperti apa yang kita bisa tempuh untuk membuat laris produk yang akan kita pasarkan? Tentunya kita harus beriklan. Tapi iklan yang seperti apa? Begini penjelasanya.

Ada banyak jenis produk yang dipasarkan melalui dunia online. Mulai dari Produk yang berupa fisik, digital, sampai ke produk pelayanan jasa. Sehingga jenis iklan harus disesusaikan dengan produk yang kita pasarkan dan juga di tempat yang berkaitan dengan produk anda.

Saat ini kita juga bisa menggunakan berbagai macam sosial media, dimana fitur dan alat untuk melakukan promosi sudah cukup lengkap. Tinggal bagaimana kita mengemas produk menjadi terlihat lebih menarik.

3. Bedakan Antara Fitur, Fungsi, dan Manfaat

Kesalahan jika hanya berisikan produk kita tanpa penjelasan yang gamblang dalam melakukan penjualan.

Baca juga cara menghindari kesalahannya dsini.

Mari kita ulas sejenak satu persatu, Fitur adalah suatu karakteristik yang dimiliki oleh sebuah alat (teknologi). Sedangkan Fungsi menurut Wikipedia berarti sekelompok aktifitas yang tergolong pada jenis yang sama berdasarkan sifat dan pelaksanaanya. Manfaat berarti juga menjadikan sesuatu hal lebih dari pada sebelumnya.

Ketiga keterangan di atas perlu anda rangkum menjadi satu bagian dan terdapat pada produk yang akan dijual. Tentunya konsumen mempunyai alasan untuk membeli suatu barang. Maka dari itu ciptakan sebuah alasan bahkan kebutuhan pada setiap konsumen anda.

4. Memberikan Wawasan

Memberi informasi yang mendorong konsumen terhadap suatu produk. Konsepnya seperti sebuah krucut. Memperkecil pilihan konsumen dan memperluas kesempatan bagi anda sukses melakukan penjualan. mudah bukan..?

5. Memahami

Mungkin kita sering tidak sadar antara keinginan dan kebutuhan. Untuk sukses melakukan penjualan kita harus benar benar pahami apa yang orang lain inginkan, bukan apa yang mereka butuhkan. Disitu saya merasa sedih 🙂

Orang lain pasti melakukan pertimbangan dengan dua hal tersebut. Mana yang didahulukan dan mana yang bisa ditunda lain waktu. Dsini tercipta peluang yang dapat penjual manfaatkan untuk mendorong minat terhadap barang yang orang – orang inginkan.

6. Melayani

Sebagai pelaku usaha melayani adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Setelah anda sukses melakukan penjualan, ada baiknya tetap melakukan komunikasi dan mendengarkan pendapat dari konsumen akan sebuah produk yang telah anda jual.

Dengan begitu konsumen tetap mendapatkan pelayanan. Merasa dihargai dan menghadirkan kepuasan. Selain itu juga kita bisa tahu kekurangan dan kelebihan, bermanfat kah atau tidak produk kita setelah sampai di tangan konsumen. Dari situ kita bisa memperbaiki dari segi kekurangan dan mempertahankan hal yang sudah membuat puas konsumen kita. Seemangaaatt!!

7. Repeat Order

Merupakan transaksi pembelian yang dilakukan oleh konsumen terhadap jenis barang atau layanan jasa yang sama, karena adanya kepuasan dan kenyamanan. Penjelasan memahami dan melayani tadi akan berbuah pengulangan pembelian oleh konsumen terhadap produk kita. Maka dari itu jangan cepat berpuas diri dulu setelah sukses melakukan penjualan. Tentu kita ingin ada transaksi lagi baik dari konsumen yang sama ataupun konsumen baru.

7 Rahasia Sukses Melakukan Penjualan

Ada bebrapa tips berkaitan dengan repeat order ini..

Melakukan pembinaan terhadap konsumen kita. Bahwasanya pembinaan lanjutan ini bisa mengenalkan produk kita kepada orang lain yang belum tau. Misalnya kita berobat kepada seorang dokter, tapi dokter tersebut bukan hanya memeriksa dan memberikan obat/resep kepada kita. Namun dokter tersebut juga meluangkan waktu untuk sharing mengenai hal yang kita alami. Sehingga Dokter tersebut memberikan rasa lebih pada seorang pasien. Dan jika cocok biasanya kita memberikan rekomendasi kepada orang – orang di sekitar kita. Paham Yaa.. :).

Rahasia sukses melakukan penjualan juga bukan hanya satu kali, tapi bisa dibuat secara terus menerus. Caranya bisa menerapkan model berbasis keanggotaan. Memberikan harga khusus bagi setiap anggota akan menumbuhkan loyalitas konsumen terhadap produk kita.

Manajemen waktu untuk konsumen melakukan repeat order. Kita harus jeli memilah milih saat saat (waktu) yang viral untuk mempromosikan kembali produk kita sebagai langkah mengingatkan konsumen serta dapat sekaligus meningkatkan penjualan.

Demikian uraian singkat 7 Rahasia melakukan penjualan. Semoga bermanfaat dan Salam Sukses!!

Silahkan Berlangganan dan Download 3 Ebook Gratis Mencerdaskan

One comment on “7 Rahasia Sukses Melakukan Penjualan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.