Bisnis Animator Online

Bisnis Animator Online
Bisnis Animator Online – Salah satu pekerjaan yang bisa anda pilih adalah animator online, pekerjaan yang dilakukan adalah menerima pesanan pembuatan animasi. Bisa saja dalam bentuk gift, stick figurre, atau kartun. Anda juga bisa menggunakan software yang tidak butuh terkoneksi internet atau ktools yang ada tersebar banyak di dunia maya.

Apa sih animasi itu? Animasi adalah gambar bergerak berbentuk dari sekumpulan objek ( gambar ) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang di tentukan. Gambar atau objek yang dimaksud di atas adalah berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan.

Kita bisa mencontoh banyak animator sukses. Di Indonesia, Rini Triyani Sugianto, Andre Surya Melalui, Wira Winata, dan Pamela Halomoan. Seorang Rini adalah salah satu contoh animator yang sukses. Sudah banyak sekali sentuhan kreatifnya yang digunakan di film luar negeri. Dari hobinya membuat animasi, sekarang dia ditarik oleh Weta Digital yaitu sebuah rumah produksi yang membuat serial Tintin.

Sangat cocok melakukan bisnis animator online ini jika anda mempunyai kesukaan di dalamnya. Akan tetapi butuh keseriusan dan fokus untuk mendalaminya. Tentu hal ini akan membuat anda lebih terarah dan sukses dalam bidang animator. Di bawah ini akan di ceritakan langkah dasar agar dapat membuka wawasan anda untuk mengikutinya.

# Mengenal Software Animasi
Sebelum anda menekuni suatu bidang, ada baiknya mengenal segala alat pendukung untuk melakukannya. Layaknya ingin menjadi seorang pemain musik yang handal. Anda harus mengenal banyak sekali peralatan musik dan cara menggunakannya dengan benar. Di sini, anda juga harus tahu beberapa software untuk membuat sebuah animasi. Adapun contoh software animasi yang terkenal sebagai berikut.

Pencil bisa anda gunakan untuk belajar membuat sebuah animasi berjenis 2D. Selain itu juga terdapat synfig studio, creatoon, ajax animation, bryce, dan clara. Sederet aplikasi itu bisa membantu anda dalam belajar membuat animas, serta sebagai alat nantinya jika sudah mendapatkan pesanan dari klien.

# Mengenal Jenis Animasi
Seperti sudah di jelaskan di paragraf sebelumnya, anda harus mengenal jenis atau genre sebuah bidang. Dalam dunia animasi, juga terdapat banyak sekali jenis animasi. Apa saja bidang tersebut.

  • Animasi Tradisional : 2 dimensi atau gambar tangan meliputi panjang x lebar.
  • Vektor Animasi : Adalah animasi yang dibuat dengan menggunakan aplikasi, seperti Photoshop atau corel draw.
  • Animasi 3D ( Tiga Dimensi ) : Merupakan animasi yang dibuat dengan aplikasi, akan tetapi tingkat kesulitannya lebih dibandingkan vektor animasi.
  • Motion Grafis : Teknik membuat animasi bergerak.
  • Stop Motion : Teknik manipulasi sebuah animasi bergerak berhenti dengan menggunakan gabungan foto hasil memotret dan dilakukan secara berkala serta teratur.

# Mencoba Membuat Animasi
Ketika anda telah mengenal semua jenis dan software animasi. Sekarang saatnya membuat animasi sebagai karya pertama anda. Tentu karya awal ini belum tentu akan maksimal. Tapi awal mencoba akan menuntun diri anda menjadi seorang animator berpengalaman.

# Membuat Portofolio
Penting sekali membuat portofolio untuk pekerjaan ini. Apalagi di dunia desain atau animasi. Portofolio anda tidak harus berasal dari yang karya yang dibayar orang. Membuat karya “iseng” pun bisa anda letakkan di portofolio tersebut. Agar orang lain bisa mengenal dan tahu siapa anda dan apa kemampuan yang anda miliki.

Sebagai bisnis animator online dan animator biasa tentu berbeda. Letak perbedaannya adalah mereka yang tidak berkerja secara online, biasanya sudah mendapatkan proyek dari tempat mereka bekerja. Sedangkan anda? sebagai pemula harus rajin mencari proyek-proyek animasi yang tersebar luas di internet. Pencarian proyek animasi pun bisa dibilang “gampang-gampang susah”. Mungkin suatu saat akan sepi proyek, tetapi suatu saat kebanjiran proyek. Lalu, bagaimana agar anda bisa mendapatkan proyek tanpa harus menunggu lama atau suatu saat kebanjiran pesanan? Adapun saran yang dapat anda coba.

Buatlah profil di Linkedln. Tempat menaruh CV dalam dunia online, Selain itu di sana juga orang-orang akan berlalu lalang mencari animator untuk ditawari proyek. Anda hanya perlu membuat CV sebaik mungkin untuk membuat calon klien percaya dengan kemampuan anda.

Bergabung dengan forum animasi yang sudah ternama. Tidak ada salahnya untuk bergabung dengan berbagai forum animasi. Biasanya di sana mereka akan bertukar pikiran bagaimana, berbagai cara, atau animasi hingga pekerjaan. Tidak sedikit juga orang mencari animator di sana. Berikut adalah contoh forum yang bisa anda ikuti.
1.    Animation World Network
2.    Animation Forum
3.    Lounge Forum Animasi Kaskus
4.    Animatedbuzz

Guna untuk menambah keahlian, tidak ada salahnya mengambil kursus. Di sana anda dapat mengasah kemampuan animasi. Juga akan membuat orang-orang akan semakin percaya atas hasil animasi karya anda. Ada banyak sekali kursus-kursus yang beredar untuk mereka yang tertarik belajar animasi. Di antaranya adalah international Design School, Animation Academy, atau 3Desense Animation School.

Di tambah lagi dengan mengikuti forum freelancer. Selain di Linkedln dan forum-forum. Proyek animasi juga hadir di ruang-ruang freelancer yang tersebar di internet. Untuk memperluas jaringan, ada baiknya jika anda berkunjung ke website freelance tersebut. Terus berinteraksi kepada para animator senior yang telah sukses, agar anda pun bisa mengikuti langkah yang mereka lakukan. Semoga bisnis animator online ini dapat bermanfaat bagi anda.

Silahkan Berlangganan dan Download 3 Ebook Gratis Mencerdaskan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.