Bisnis Fotografer Online

Bisnis Fotografer Online

Bisnis Fotografer Online – Anda memiliki  jiwa seni? Kreatifitas? Pandai memotret? Berikut ini membahas langkah sederhana agar kemampuan yang anda punya bisa menghasilkan rupiah. Sepertinya hampir semua perusahaan khususnya di industri kreatif memerlukan jasa seorang fotografer untuk keperluan bisnis. Misalnya untuk foto produk, foto pernikahan bahkan foto untuk buku tahunan. Karena hal ini sifatnya momentum, biasanya tidak semua perusahaan tersebut memiliki fotografer tetap di kantor mereka.

Jika anda cermat melihat peluang, kondisi ini menjadi kesempatan emas bagi anda yang ingin memulai karir sebagai fotografer online secara freelancer.
Baca juga potensi  bisnis travel agent

Adapun  modal dasar yang perlu anda miliki untuk memulai bisnis fotografer online.


● Minat dan keahlian
Minat yang besar terhadap dunia fotografi adalah modal utama yang harus anda miliki. Sebab rutinitasnya  akan selalu bergulat dengan dunia ini, jika anda tidak memiliki minat yang kuat, lambat laun akan merasa bosan. Mungkin anda perlu menyiapkan beberapa cara khusus untuk mengusir rasa bosa tersebut.

● Mahir menggunakan kamera
Hal mendasar kedua yang harus anda miliki lainnya adalah kemampuan menggunakan kemera, terutama kamera digital. Misalnya pada jenis kamera Compact Digital, Bridge Camera, dan DSLR. Kuasai setidaknya ilmu dasar fotografi, namun akan lebih baik jika anda sudah benar-benar menguasai teknik fotografi dengan menggunakan jenis  kamera tadi.

Ingat, Anda tidak harus memilliki kamera sendiri untuk menjadi forografer freelance. Ada banyak tempat penyewaan kamera digital atau anda bisa meminjam kamera digital milik orang terdekat. Namun memang akan lebih baik jika memiliki sendiri kamera digital tersebut.

● fokus dan Target
Ada banyak bidang bisnis fotografer online dan setiaip bidang fotografi tersebut memiliki teknik fotografer yang berbeda. Selain itu, pasarnya pun juga berbeda. Untuk itu, anda perlu fokus terhadap satu bidang fotografi sehingga mudah bagi anda untuk menjadi fotografer yang profesional. Misalnya anda memilih bidang foto produk atau foto panggung.

● buat portofio
Mungkin kamu sudah memiliki hasil jepretanmu, kumpulkan dan jadikan itu sebagai prtofolio kamu. Jika belum punya, anda bisa mulai membuat portofolio. Ambil kameramu dan jepret! unggah portofolio anda. Jika sudah terkumpulkan portofolio tersebut? Unggahlah hasil jepretan anda ke internet, melalui blog khusus portofolio anda misalnya. Atau anda bisa mengunggahnya ke media sosial seperti instagram, Pinterest, Tumblr, dan sebagainya. Sebaiknya namai dulu foto hasil jepretan hasil anda sebelum diunggah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

● bergabung dengan komunitas
Sebaiknya anda bergabung dengan komunitas baik online maupun offline. Melalui wadah komunitas itu anda bisa menggali lebih banyak lagi ilmu tentang fotografi. Bahkan tidak menutup kemungkinan anda akan mendapatkan pekerjaan dari pertemanan di komunitas itu.

Untuk menjadi seorang fotografer tentu tidak cukup jika hanya bisa mengoperasikan kamera saja. Namun harus mengenali berbagai jenis kamera dan jenis lensa seperti sudah disebutkan tadi, tujuannya adalah agar bisa memilah milih jenis kamera atau lensa  apa yang akan anda pergunakan di setiap momennya. Dengan begitu,hasilnya bisa maksimal. Ada beberapa fungsi dari berbagai fitur yang disediakan pada kamera yang anda gunakan. Gunakan sebaik mungkin maka anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Selain itu, untuk menjalani bisnis fotografer online yang profesional anda harus menguasai teknik fotografi. Ada banyak teknik fotografi yang dikelompokan berdasarkan jenis fotografinya. Bisa anda pelajari teknik fotografi dengan mengikuti berbagai kelas fotografi ataupun dengan membaca buku-buku yang mengulas teknik fotografi.

Agar perjalanan karir sebagai fotografer terus beranjak naik, sebaiknya anda harus menentukan fokus ke spesialisasi mana yang sudah menjadi modal dasar anda. Beberapa bidang spesialisasi dan setiap bidang memiliki teknik khususnya masing-masing. Diantaranya Fotografi jurnalistik, fotografi komersil, fotografi panggung, fotografi olahraga, dan masih banyak lagi spesialisasi bidang fotografi yang bisa anda pilih.

Karena tugas fotografer adalah menyampaikan pesan melalui foto, pasti diperlukan persiapan agar pesan tersebut bisa disampaikan melalui foto. Salah satu persiapan yang paling utama adalah menyiapkan konsep. Seorang fotografer harus bisa menyiapkan konsep untuk klilennya, sebab tidak semua klien sudah memiliki konsepnya. Penting untuk diperhatikan, tanpa konsep yang matang, hasil tofo tentu tidak akan memuaskan. Setiap foto yang dihasilkan fotografer biasanya tidak serta merta langsung bagus.

Terkadang perlu polesan di sana-sini (proses edit) agar menghasilkan foto yang terbaik. Untuk itu, akan lebih baik jika seorang fotografer menguasai teknik photo editing yang paling sederhana misalnya cropping.

Seiring dengan kesibukan bisnis fotografer online, anda juga perlu sesekali untuk memperkenalkan karya-karya hasil fotografernya itu sendiri, seorang fotografer perlu mengadakan pameran karya. Mengadakan pameran karya juga akan memperluas networking, selain itu melalui pameran yang diadakan bisa membuka peluang pekerjaan baru yang tentunya menguntungkan pelaku bisnis fotografer online itu sendiri.

Jadi, apakah anda sudah siap terjun di bisnis fotografer online? Tentukan pilihan anda sejak dini dan fokuskan pada bidangnya, maka kesuksesan sudah menanti anda. Terima kasih dan salam sukses!!

Silahkan Berlangganan dan Download 3 Ebook Gratis Mencerdaskan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.