Bisnis Online Hosting Domain

Bisnis Online Hosting Domain

Mengulas Bisnis Online Hosting Domain yang masih sangat berpeluang. Sebelum membahas lebih jauh lagi, kita harus mengerti dahulu apa itu hosting dan domain?

Pengertian domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat server komputer. Awalnya alamat tersebut dilambangkan dengan deretan angka yang dikenal sebagai alamat IP. Namun karena penggunaan alamat IP dirasa kurang praktis maka dibuatlah domain untuk menggantikan deretan alamat IP tersebut. Misalnya, “www.namasaya.com” sebagai contoh.

Sedangkan hosting adalah tempat untuk menyimpan data dari sebuah website. Data-data website yang diletakkan pada hosting harus memiliki koneksi internet agar dapat diakses oleh banyak orang melalui jaringan internet. Data yang disimpan dapat berupa gambar, email, dokumen, video, dan website. Kesemuanya itu adalah bagian yang tidak terpisahkan untuk membangun sebuah website.

Agar lebih mudah memahaminya saya umpamakan hosting sebagai ruang yang di dalamnya ditempati domain dan bisa terdiri dari beberapa domain. Sehingga bagi yang mempunyai website, mereka pasti mempunyai hosting domain tersendiri yang menjadi pilihan penggunanya. Akan tetapi tidak sedikit pula yang menggunakan platforms yaitu secara gratis maupun berbayar yang sudah banyak digunakan termasuk di Indonesia sebagai berikut.

  • Blogspot.com, yaitu digunakan untuk membuat blog yang dibangun di dalam sistem hosting milik Blogger.
  • WordPress.com, yaitu digunakan untuk membuat blog yang berada di dalam hosting milik wordpress.

Kita pasti sering membuka www.google.com atau www.facebook.com. Persamaanya adalah mereka memerlukan domain untuk membuat sebuah website. Begitu mudah bukan membuat sebuah website? Dalam pembuatan sebuah website, kita membutuhkan seseorang atau institusi penjual domain. Hal ini yang mendorong banyak sekali situs-situs yang menjual domain. Dari yang biasa saja hingga mereka yang menyediakan domain dengan spesifikasi premium. Tinggal bagaimana kita menyesuaikan sesuai kebutuhan.

Pelajarilah banyak hal bisnis online hosting domain ini. Amati pengguna website buatan orang. Terutama website yang populer. Dari sana anda bisa mengetahui bagaimana kebutuhan orang terhadap sebuah domain.Selain itu, intip penjual domain lain yang bergerak dalam bisnis yang sama. Anda bisa meriset bagaimana kondisi orang-orang dalam menjual domain. Apalagi anda masih terbilang baru dalam penyedia hosting domain ini.

Bisnis online hosting domain menuntut anda tahu banyak hal. Dari masalah ruang kapasitas, kecepatan, isi domain, atau bentuk domain harus anda kuasai. Kondisi ini mendorong anda agar tidak gagap dan ahli terhadap hal seperti ini. Hal penting lainnya, kalau anda masih awal mungkin anda belum memiliki banyak pengalaman. anda bisa menggunakan contoh website yang menggunakan domain milik anda sebagai referensi ke calon konsumen lainnya. Sehingga calon customer anda punya gambaran jika mereka membeli hosting domain milik anda.

Bisnis online hosting domain masih belum tersentuh banyak orang di indonesia. Itu adalah Kesempatan untuk sukses masih sangat-sangat terbuka lebar. Apalagi di Indonesia banyak orang memiliki ide kreatif untuk memulai bisnis yang memerlukan hosting domain. Ditambah pertumbuhan dunia usaha menggunakan internet yang terus meningkat dari masa ke masa.

Lalu bagaimana memulai bisnis online hosting domain tersebut? Jika anda sudah memahami seluk beluk hosting domain, saat ini banyak yang membuka kesempatan menjadi reseller mereka. Contohnya indositehost.com yang menawarkan banyak kemudahan untuk menjadi reseller. Mungkin untuk mengawali bisnis seperti ini anda bisa mencoba bergabung sebagai reseller terlebih dahulu. Selain modal yang dikeluarkan cukup terjangkau, anda juga bisa sambil belajar mendalami wawasan pada bisnis online hosting domain.

Riset dan pilih penyedia hosting domain yang siap melayani 24 jam. Dimaksudkan agar anda tetap terjaga dan tidak perlu pusing jika ada keluhan dari konsumen. Perlu diingat, kita perlu menyiapkan website khusus untuk web company (web penyedia hosting) dan kemampuan marketing. Sebab untuk kondisi teknis server kita bisa tanya ke CS (customer service) perusahaan tempat kita menyewa jika ada perawatan sistem server. Namun berbeda cerita kalau sudah menggunakan VPS (Virtual Private Server) kita sendiri yang harus melakukan perawatan tersebut.

Memang dalam bisnis online hosting domain banyak yang harus dipelajari, akan tetapi saran saya jangan terlalu banyak mempelajari melainkan mulai lah dengan segera. Segala kendala dan manis pahit menjalani bisnis online hosting domain bisa dirasakan. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

Silahkan Berlangganan dan Download 3 Ebook Gratis Mencerdaskan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *