Bisnis Online Penulis E-Book

Bisnis Online Penulis E-Book
Mempunyai hobi menulis bagi sebagian orang sangat menyenangkan, apalagi bisa menambah penghasilan. Apakah pernah terpikir oleh anda bahwa hobi menulis juga bisa memiliki nilai jual yang menjanjikan? Bisnis online penulis E-book jawabannya.

Hal tersebut bisa anda implementasikan ke dalam sebuah buku kemudian dijual. Namun kalau dirasa cara itu terlalu rumit, kini sudah ada metode penerbitan buku online, dan juga anda bisa menerbitkan karya anda sendiri. Hanya saja, buku itu dalam format elektronik, atau yang dikenal dengan e-book.

Anda bisa menulis banyak hal sesuai pengalaman dan kemampuan, yang dirasa berguna bagi banyak orang, dengan harapan bisa laku dijual. Bisnis online penulis e-book bebas memasarkan, menerbitkan, menjual, dan pastinya menentukan harga. Hal ini akan memberikan keuntungan lebih daripada anda menjadikan sebuah buku kemudian dijual. Memang pekerjaan ini bisa dilakukan di sela kesibukan anda, dengan mengandalkan internet beserta aplikasinya.

Sama seperti buku pada umumnya, konten e-book memerlukan ide untuk ditulis. Jika anda punya passion menulis, dan sudah penuhi dengan ide-ide, segeralah tuangkan dalam bentuk tulisan. Tidak perlu ide yang besar, mulailah dengan yang simpel, namun berguna bagi pembaca. Biasanya e-book yang berisi pengalaman inspiratif, atau tips-tips sejenis “how to”.

Jika belum ada naskah sama sekali? Segeralah tulis. Ide yang simpel dilengkapi dengan detail berguna dan orisinil, menjadi landasan utama bisnis online penulis e-book. Apalagi Sebelum terbiasa menulis panjang, cobalah untuk menulis buku yang tipis saja. Naskah sepanjang 30-50 halaman Word sudah lumayan bagi penulis e-book pemula.

Kelebihan bisnis online penulis e-book dibanding penulis buku cetak adalah bisa menentukan cover sendiri. Hal ini tidak bisa dianggap main-main, jika berminat memakai foto atau gambar dari internet, perhatikan apakah karya itu dilindungi hak cipta. Agar tetap menjaga keharmonisan yang ada.

Ada banyak aplikasi untuk e-book, agar karya anda bisa nyaman dibaca di berbagai gadget. Aplikasi tersebut akan mengkonversi format-format dokumen tertentu seperti DOCX, HTML, Epub, PDF, DJVU, dan TXT ke macam-macam format e-book, seperti Epub, DOCX, MOBI, PDF, dan PRC. Adapun aplikasi yang bisa anda antara lain, calibre, Mobipocker, Creator, Sigil, atau ePUBee Maker. Silakan anda pilih untuk digunakan. Dengan demikian anda bisa menyelesaikan karya yang anda menjadi sebuah e-book.

TIPS KERJA BISNIS ONLINE PENULIS E-Book

Sebenarnya sampai di tahap atas tadi, e-book sudah jadi. Kini tinggal bagaimana metode penerbitannya. Ada dua cara untuk menerbitkan e-book, yaitu menerbitkan sendiri melalui blog dan melalui pihak ketiga. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.
Jika menerbitkan sendiri melalui blog pastinya akan lebih leluasa dan anda bisa mendapatkan keuntungan 100%. Tapi anda harus bersedia sedikit repot melakukan promosi, menjual, melayani pesanan, menentukan metode pembayaran, sampai mengirimkannya ke pembeli.

Pilihan lain untuk menerbitkan e-book adalah melalui pihak ketiga yang memang  fokus untuk itu. Sebagai contoh, penerbit e-book cukup populer yaitu kindle Direct Publishing (KDP). Agar bisnis online penulis e-book bisa berjalan sesuai rencana, perlu anda ketahui juga beberapa layanan penerbit e-book serupa yang bisa anda gunakan sebagai berikut. PAYHIP, LULU, SmashWords dan sebagainya. Masing – masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Perlu anda ketahui pula, jika berurusan dengan penerbit e-book, waspadai adanya biaya tak terduga. Kadang-kadang memberikan layanan seperti editing format naskah. Biasanya memang tidak dikenakan biaya, tapi tak ada salahnya berjaga-jaga untuk itu. Selain itu, hindari bekerja sama dengan penerbit e-book yang tidak mengizinkan anda untuk menentukan harga jual sendiri. Penerbit e-book pada umumnya memberi pilihan kisaran harga, bukan menentukan harga mati. Sebagai gambaran saja, biasanya e-book dihargai antara 0,9 sampai 5,99 dolar AS per copy. Lumayan bukan?

Yang perlu anda hindari jika melakukan bisnis online penulis e-book yaitu jangan pernah bosan melakukan penjualan e-book anda. Sekali e-book terbit, maka anda punya kewajiban tak resmi untuk terus ikut aktif dalam menjualnya. Memang melelahkan, kadang juga jenuh, sebab terkesan kamu sangat narsis. Tenang saja, anda punya sesuatu untuk dijual, dan orang layak tahu, bahkan layak membelinya. Gunakan media sosial sebagai alat bantu untuk melakukan iklan seperti, Facebook, Twitter, Path, Instagram, dan sejenisnya.

Sebagai penutup, anda tidak perlu heran kalau pendapatan bisnis online penulis e-book bisa lebih tinggi ketimbang penulis buku cetak. Sebab e-book tak membutuhkan biaya produksi dan distribusi besar selayaknya buku cetak. Tak ada kebutuhan membeli kertas, biaya cetak, transportasi untuk distribusi, promosi, dan banyak lagi. Kalau penulis buku cetak rata-rata hanya mendapat royalti 10% dari harga jual buku. Maka penulis e-book yang sudah dipaparkan di atas, penulis e-book mendapatkan royalti di atas 65% bahkan ada yang 100%. Pendapatan penulis e-book sangat tergantung pada harga jual dan seberapa banyak e-book terjual. Maka pastikan anda bekerja sama dengan  penerbit e-book yang kredibel, punya jaringan luas, dan bisa dipercaya. Semakin anda ikut aktif mempromosikan e-book di media sosial, makin besar pula kemungkinan e-book terjual.

Jika ditanya berapa sesungguhnya pendapatan bisnis online penulis e-book, maka jawabannya adalah tak terbatas. Menantang sekali bukan?

Silahkan Berlangganan dan Download 3 Ebook Gratis Mencerdaskan

One comment on “Bisnis Online Penulis E-Book

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.