Bisnis Online Sebagai Bloger

Bisnis Online Sebagai Blogger
Bisnis Online Sebagai Blogger – Inilah pekerjaan online yang dapat dikatakan paling seksi saat ini. Menulis blog dan dibayar. Bukan sekadar bayarannya yang menarik, melainkan juga pernak-pernik di baliknya. Diundang ke acara-acara menarik, bertemu public figure, dijamu makan di restoran ternama, diajak traveling, dikirimi produk tertentu untuk dicoba dan masih banyak aktivitas seru lainnya.

Hal tersebut dilakukan agar bloger bersedia menuliskan pengalamannya, dengan pesan-pesan titipan si pengundang. Apakah menjadi bloger freelance bisa dilakukan hanya di saat weekend atau libur kerja? Kenapa tidak. Jika anda hobi menulis dan suka berbagi pengalaman, sangat pas dengan pekerjaan ini.

Baca juga Bisnis Online Fotografer

Pastikan anda mempunyai dua elemen ini. Yaitu gemar menulis dan memiliki sebuah website personal. Dua modal ini menjadi dasar seorang bloger. Orang yang hobi menulis, di era kini dipastikan punya blog juga. Sebab mereka ingin tulisannya dibaca banyak orang. Makin menarik suatu blog, makin banyak dikunjungi orang. Blog dengan jumlah visitor tinggi akan didekati perusahaan atau organisasi untuk mempromosikan produk dan jasanya. Bagaimana? Sudah punya blog? Jika belum, segera buat ya guys.

Ada dua platforms yang sudah umum digunakan oleh banyak orang dan bisa dibuat secara gratis yaitu Blogger.com dan wordpress.com. Sangat mudah dipelajari bagi pemula sekali pun. Lihat di sini

Jika anda sudah memiliki kedua elemen di atas, maka fokus lah untuk mengembangkan hobi dan blog anda tersebut. Tapi perlu diketahui, bahwasannya isi tulisan dalam blog anda tersebut harus lah memuat informasi yang bermanfaat dan dinantikan banyak orang. Selain itu juga, dalam membuat (konten) perlu adanya komitmen. Maksudnya adalah anda hanya menulis dalam blog dengan tema yang sejenis. Artinya tidak semua jenis pengalaman atau informasi dapat anda tuliskan dalam satu blog. Bisa juga disebut sebagai spesialisasi. Misalnya saja anda suka bidang otomotif, maka segala tulisan yang anda buat masih berhubungan dengan dunia otomotif.

Baca juga Bisnis Online Animator

Selanjutnya menjalani bisnis online sebagai bloger, anda bisa mempelajari blog lain yang sudah sukses di bidangnya masing-masing. Hal ini dapat menginspirasi dan memberikan wawasan kepada anda. Selain membaca, disarankan juga memberikan komentar, menyapa sekaligus berkenalan di dalam bloger sukses itu.

Rawat dan maksimalkan blog personal anda. Sebagai bloger bisa dikatakan bisnis online jikalau blog anda sudah bisa menghasilkan uang. Bagaimana caranya? Segera ramaikan blog pribadi anda dengan informasi, data, berupa tulisan atau gambar yang menarik. Bisnis online sebagai bloger itu bukan sekadar membuat blog, melainkan juga selalu meng-update, mengajak orang berkunjung ke sana, mempromosikannya, membuat blog menarik, hingga menggunakan metode SEO.

Ada beberapa cara agar blog yang anda miliki dikunjungi oleh orang lain, diantaranya melalui media sosial. Baik engine Blogspot maupun WordPress, di situ sudah dilengkapi dengan fitur agar blog dapat terintegrasi dengan Facebook, Twitter, Google, Linkedin, dan media sosial lalin.

Baca juga Bisnis Online Design Web

Coba bergabung dengan komunitas bloger. Karena dengan bergabung dalam komunitas bisa memperluas wawasan, informasi, dan tentu saja gaya bahasa konten blog anda. Dari komunitas terkait, anda kian update dengan isu-isu terkini seputar bisnis online sebagai bloger. Anda pun bisa mendapatkan visitor dari teman-teman di komunitas. Biasanya orang-orang ini berkumpul di group facebook atau pun kaskus.

Selain menggunakan sosial media, dengan mengikuti lomba menulis sebuah produk jga bisa anda ikuti. Banyak perusahaan, organisasi, instansi, yang menggelar lomba blog. Tujuan mereka agar program atau produknya di ulas dan tersebar di internet. Lumayan jika berhasil menang. Hal ini bisa menaikkan reputasi blog anda. Dengan mengikuti lomba, anda juga bisa mempelajari konten blog seperti apa yang dibutuhkan bidang-bidang industri saat ini.

Sebagai catatan, beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk menjalani bisnis online sebagai bloger:

  • Kenali siapa pembaca yang jadi target market anda. Remaja, khusus dewasa, atau umum? Wanita atau pria? Semua akan menentukan gaya bahasa, konten tulisan maupun gambar di blog. Hal ini juga menentukan dalam mencari perusahaan atau organisasi afiliasi. Gaya bahasa populer, konten yang selalu up to date, cenderung lebih disukai perusahaan-perusahaan bidang produk komersil, sebab dianggap punya segmen luas.
  • Konten yang berguna, menarik, mengandung informasi, lebih disukai daripada konten hard selling. Lakukan promosi dengan cara soft selling, yaitu dengan berbagi tips atau pengalaman informatif seputar produk tersebut.
  • Sebagai bloger memang bukan pakar SEO, tapi setidaknya sedikit paham soal SEO. Sebab kadang klien meminta penulis blog untuk menyisipkan beberapa keyword yang membuatĀ  posting-an dapat muncul sepuluh besar di hasil pencarian Google. Ada teknik tersendiri yang bisa membuat penyisipan keyword tidak terkesan asal-asalan. Artikel tetap bisa dipahami dan bermanfaat, walau sebenarnya mengandung keyword tertentu.
  • Bisnis online sebagai bloger juga bukan seorang desainer, tapi bukan berarti dihalalkan membuat blog dengan desain asal. Sesuaikan desain blog seperti tema yang dimuat. Jangan lupa memanfaatkan fitur-fitur pendukung seperti tautan ke blog lain, integrasi dengan media sosial, kolom komentar, RSS Feed, danĀ  banyak lagi.
  • Salah satu perbedaan antara bloger dengan penulis biasa adalah bloger harus melek teknologi. Paham bagaimana membuat blognya kian ramai dikunjungi. Pastikan bahwa blog anda sudah mengaktifkan mobile mode, agar bisa tetap nyaman dibaca di berbagai jenis gadget mobile.

Baca juga Bisnis Online Hosting Domain

Sepertinya dengan beberapa ulasan di atas, anda sudah bisa memulai secara perlahan bisnis online sebagai bloger. Akhir kata terus belajar dan memperbarui informasi anda tentang bloger, semoga berhasil dan salam sukses!!

Silahkan Berlangganan dan Download 3 Ebook Gratis Mencerdaskan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *