Bisnis Online Webinar

Bisnis Online Webinar

Masih berbicara seputar bisnis online, kali ini mengenai webinar. Dan masih efek dari perkembangan teknologi yang positif. Jika anda sering mengikuti sebuah seminar? Apa yang ada di sebuah seminar? Ruangan peserta, pembawa materi, dan isi seminar itu sendiri bukan? Tapi bagaimana jika dilakukan dengan online? Apa bisa? Jawabannya adalah bisa.

Dengan kondisi seperti itu maka muncul sebuah istilah bernama webinar. Webinar sendiri adalah gabungan antara 2 kata, web dan seminar. Sehingga bisa disimpulkan bahwa webinar adalah seminar yang dilakukan di dunia maya (secara online). Lalu bagaimana sistem kerjanya? Kurang lebih dengan melakukan diskusi dan seminar dengan aplikasi tatap muka dalam bentuk video dan bisa tergabung dalam sebuah grup.

Untuk anda yang berminat melakukan bisnis online semacam seminar tetapi dilakukan melalui online, berikut penjelasan dasarnya.

  • Memiliki koneksi internet cepat dan stabil
    Pekerjaan ini melibatkan banyak orang dengan koneksi internet. Kunci awal kesuksesan anda adalah memiliki koneksi yang cepat dan stabil. Apalagi penggunaan aplikasi tatap muka melalui video sangat berat dijalankan jika tidak terkoneksi dengan internet yang cepat. Jika tidak memilikinya? Maka diskusi atau seminar yang anda buat tidak akan maksimal dan membuat kecewa mereka yang sudah berniat ikut.
  • Paham aplikasi pendukung webinar
    Di awal telah dijelaskan bahwa bisnis online webinar membutuhkan beberapa aplikasi pendukung. Anda bisa pelajari aplikasi yang bisa digunakan sebagai pendukung sebagai berikut.
    Google + Hangout, Webinar On Air, Skype, Go To Webinar, Cisco WebEx,     Adobe Connect, Ready Talk, AnyMeeting, On Stream, ClickWebinar, YouTube, OmNovia, iLinc, blackboard Collaborate, dan brainShark. Dari sederet aplikasi pendukung di atas, anda bisa membuat akun terlebih dahulu sebelum menyebarkan link berupa undangan bagi calon peserta seminar anda.
  • Buat landing page/website
    Jika anda baru pertama kali mencoba pekerjaan ini, website adalah elemen terpenting untuk memperkenalkan diri. Kenapa? Karena orang-orang akan melihat anda pertama kali melalui website. Buatlah sebuah website dengan konten yang spesifik serta sesuai dengan seminar yang anda tawarkan nantinya. Buatlah artikel di website pribadi agar orang-orang bisa mengenal anda, tentunya butuh referensi tentang diskusi/seminar yang nanti anda selenggarakan. Dari mana mereka mendapatkannya? Jawabannya ada di website yang anda bangun. Mereka akan mencari naskah, materi, atau  artikel di sana sebelum mengikuti bisnis online webinar yang anda gelar.
  • Public Speaking
    Jika anda tidak terbiasa berbicara di depan umum, jangan khawatir untuk mencoba pekerjaan ini, anda bisa berlatih sendiri atau dengan orang lain. Misalnya anda bisa mencoba di depan keluarga atau teman-teman terdekat. Kemampuan berbicara di depan umum ini akan menjadi salah satu poin penting dalam bisnis online webinar.
  • Menentukan Topik
    Pada sebuah diskusi dibutuhkan tema / topik pembahasan. Tanpa topik, proses diskusi berjalan tanpa arah. Pekerjaan ini membuat diri anda harus pandai memilih topik. Caranya adalah anda bisa melihat tren yang sedang berkembang atau sebuah permasalahan, sehingga anda dapat menjadikannya sebuah solusi dalam webinar. Contoh kecilnya seperti seminar motivasi.

Bisnis online webinar bisa dilakukan di rumah maupun di waktu senggang. Anda bebas menentukan kapan dimulainya seminar online tersebut. Bisa pada weekend atau setelah orang-orang pulang kerja. Intinya adalah mencari waktu di mana para peserta bisa bergabung dalam webinar itu.

Perlu anda ketahui, bisnis online seperti ini sedang ramai orang ikuti. Karena dapat menghemat biaya maupun waktu. Selain itu juga bisnis online webinar ini merupakan pekerjaan hampir tanpa tekanan, walau bertemu orang banyak. Mendapatkan pelajaran dari diskusi dan tentunya mendapatkan uang!!

Adapun cara dalam mengajak, mengundang dan menarik minat calon peserta bisa dilakukan di internet. Misalnya, melalui media sosial untuk menyebarkan waktu webinar akan di seleggarakan. Twitter dan Facebook adalah aplikasi sosial yang bisa anda gunakan.

Jangan lupa membuat registrasi terlebih dahulu, Baik itu melalui link yang anda buat maupun konfirmasi melalui email yang telah anda siapkan.  Hal ini agar anda dapat mengetahui siapa saja yang berminat dan sudah siap mengikuti webinar tersebut.

Perhatikan komposisi presentasi anda, mulai dari pengaturan waktu pembukaan, penyampaian isi materi, sesi diskusi sampai kesimpulan. Tuangkan kesemua itu dalam porsi yang sewajarnya saja. Meliputi kata-kata, gambar maupun penggunaan animasi. Hal ini agar tidak terkesan membosankan.

Di paragraf penutup ini, kami sampaikan bahwa anda adalah sebagai sarana komunikasi kelompok. Sehingga harus sangat paham dengan bisnis online webinar. Yang mana pekerjaan ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan seminar atau pertemuan secara langsung. Diantaranya yaitu;

  • Kelebihan : Minim tempat karena bisa dilakukan secara individu dari berbagai tempat yang berbeda. Biaya yang relatif lebih terjangkau jika dibandingkan seminar langsung. Dapat mengurangi tekanan presentasi karena kita tidak secara langsung bertemu dengan para peserta.
  • Kekurangan : Sulit dijalankan jika berada di tempat dengan koneksi internet lemot atau di luar jangkauan. Kurang adanya atmosfer belajar antar peserta yang gabung. Resiko gangguan pertemuan jika terjadi masalah pada koneksi internet atau perangkat komputer secara tiba-tiba. Misalnya mati lampu!!

Demikianlah ulasan dasar mengenai bisnis online webinar, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Silahkan Berlangganan dan Download 3 Ebook Gratis Mencerdaskan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.