Bisnis Penerjemah Online

Bisnis Penerjemah Online

Bisnis Penerjemah Online, lagi-lagi memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi. Sudah banyak akibat dari hadirnya kemajuan teknologi yang baru dalam berbagai industri di tanah air, seperti industri pariwisata, industri bisnis, industri kreatif, dan lain sebagainya. Salah satu perubahan tersebut adalah banyaknya buku-buku berbahasa asing yang masuk ke indonesia dan diminati masyarakat. Walau memang harganya tidak murah. Keadaan ini membuka peluang bisnis serta membuat banyak orang tergiur mencoba mencicipi profesi sebagai penerjemah online untuk sekedar mencari tambahan uang saku.

Memang untuk sebagian orang yang tidak memerlukan hal semacam ini terdengar sepele. Namun faktanya masih banyak yang menjalankan profesi ini karena masih terdapat permintaan dari para klien. Mungkin jika dalam menerjemahkan suatu kalimat pendek bisa menggunakan aplikasi Google Translate , Namun bila kalimat yang di terjemahkan itu banyak perlu adanya penerjemah / ahlinya.

Lalu bagaimana untuk memulai bisnis penerjemah online? Jika anda mempunyai kemampuan akan bahasa asing tetapi belum memulai bisnis ini, baca ulasanya di bawah ini.

# 1. Tertarik Baca Tulis Bahasa Asing
Bisnis Penerjemah Online atau pun offline haruslah memiliki ketertarikan pada dunia membaca dan menulis, khususnya bahasa asing. Sebab inilah tugas pokok yang selalu dilakukan oleh penerjemah online saat menjalankan tugasnya. Tugas seorang penerjemah online adalah membaca yaitu membaca naskah yang akan diterjemahkan kemudian menuliskannya kembali dalam bahasa yang diinginkannya.

# 2. Menguasai Bahasa Asing ( minimal 2 )
Menguasai bahasa asing adalah modal utama dalam menjalani profesi ini, tidak perlu menguasai seluruh bahasa asing yang ada. Setidaknya jika ingin menekuni bisnis penerjemah online, anda harus menguasai minimal dua jenis bahasa asing secara lengkap. Mulai dari arti setiap kata, istilah-istilahnya sampai aturan baku penulisan kalimat bahasa asing tersebut. Bahasa inggris adalah bahasa asing paling umum yang banyak dikuasai orang lain. Maka dari itu, anda perlu menguasai bahasa asing lainnya agar menjadi suatu kelebihan dari orang lain.

Namun, jika anda belum terlalu menguasai dua bahasa asing sekaligus tidak ada salahnya mencoba bisnis ini. Seiring berjalannya waktu, ada baiknya anda mendalami  pengetahuan dan pemahaman tentang bahasa asing lainnya tersebut. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih bahasa asing. Misalnya dengan membaca kamus, membaca buku-buku, berlatih berbicara bahkan tidak ada salahnya jika anda mengikuti kursus bahasa asing. Karena pada dasarnya metode pembelajaran bahasa asing itu sama saja.

# 3. Keahlian dalam menulis
Bisnis penerjemah online juga harus memiliki kemampuan menulis yang baik. Sebab dengan kemampuan menulis yang baik maka pekerjaan sebagai penerjemah yang harus menuliskan kembali apa yang sudah diterjemahkan dapat dilakukan secara maksimal. Sesuai aturan dalam menulis dan menyusun kata per kata, kalimat, hingga menjadi sebuah paragraf.

# 4. Portofolio
Mulailah membuat portofolio pribadi. Anda bisa memulai dengan menerjemahkan artikel-artikel pendek yang bisa diperoleh dari internet. Secara perlahan tingkatkan portofolio anda dengan menerjemahkan buku-buku yang anda sukai. Jika itu sudah anda memiliki, atur semenarik mungkin antara naskah asli dengan naskah terjemahannya anda. Kemudian simpan dan kemas dengan rapi. Hal seperti ini bisa anda jadikan modal sekaligus promosi dalam menggaet konsumen.

# 5. Komunitas
Sebagai pemula dalam bisnis penerjemah online, anda tentu belum miliki pengalaman sehingga agak sulit untuk mendapatkan pesanan. Untuk memudahkan hal tersebut, ada baiknya bergabung dengan komunitas sejenis seperti freelancer. Melalui komunitas seperti ini peluang anda mendapatkan pekerjaan terbuka lebar. Sebab informasi yang sesuai dengan keahlian anda ada di dalamnya. Jangan lupa sertakan CV untuk menarik perhatian calon klien.

Selain lima tahapan di atas, anda tetap harus melatih dan mengasah kemampuan berbahasa asing. Salah satu cara mengasahnya dengan membiasakan diri untuk menggunakan bahasa asing tersebut dalam sehari-hari. Selain itu anda juga bisa menonton film yang menggunakan bahasa tersebut, saat menonton sebaiknya tidak perlu menggunakan bantuan subtitle. Sehingga secara tidak sadar terus melatih kemampuan anda.

Yang sudah lebih dulu memulai bisnis penerjemah online tidak selalu mendapat jenis naskah yang sama. Ada kalanya pada sebuah proyek diminta menerjemahkan naskah novel, bisa jadi pada proyek berikutnya dengan klien yang berbeda diminta untuk menerjemahkan laporan penelitian. Untuk itu, sebaiknya anda juga mengasah terus kemampuan dalam menulis agar anda semakin profesional. Cara untuk mengasah kemampuan menulis, mulai dari mengikuti kursus menulis hingga belajar secara autodidak dengan memanfaatkan media penulisan seperti blog pribadi. Ini akan sangat membantu anda untuk meningkatkan kemampuan menulis.

Jika berbicara penghasilan, bisnis penerjemah online merupakan freelancer yang tidak memiliki penghasilan tetap selayaknya seorang karyawan perusahaan. Meski demikian penghasilan seorang penerjemah online tidak bisa dibilang kecil. Seperti diketahui pekerja freelancer termasuk penerjemah online biasanya dibayar sesuai sistem kesepakatan yang telah ditentukan. Ada yang dibayar per halaman, ada yang dibayar per jam dan ada pula yang dibayar per bulan. Biasanya untuk yang dibayar per bulan sudah terlebih dahulu menandatangani kontrak kerja sama untuk beberapa waktu ke depan.

Jadi, bisnis penerjemah online ini bisa anda jadikan sebagai pekerjaan sampingan bilamana mempunyai waktu luang. Kan lumayan buat nambahin saldo di tabungan hehe. Jika konsumen datang, tinggal diatur saja jadwal dan ketentuannya. Selamat mencoba dan salam sukses

Silahkan Berlangganan dan Download 3 Ebook Gratis Mencerdaskan

4 comments on “Bisnis Penerjemah Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.