Mencermati Kendala Umum Pada Bisnis Online

Mencermati Kendala Umum Pada Bisnis Online

Mencermati Kendala Umum Pada Bisnis Online menjadi sebuah landasan penting, jika kita ingin memulai menekuni usaha online. Apalagi bagi mereka sebagai pendatang baru di dunia bisnis. Akan tetapi bagi para pelaku usaha konvensional, sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan menjalankan bisnis online.

Perbedaan antara bisnis konvensional dan bisnis online sudah di bahas pada artikel sebelumnya. Diantara kedua model bisnis tersebut masing -masing mempunyai kendala. Pada kesempatan kali ini akan memaparkan kendala yang ada pada bisnis online. Perhatikan uraian kendala beserta cara mengatasinya.

# 1 Bisnis Online Kurang Dipercaya Konsumen

Banyaknya penipuan di dunia maya mengakibatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis online menjadi sedikit berkurang. Penipuan yang sering terjadi yaitu uang konsumen yang sudah di transfer, tetapi produk yang di pesan tidak dikirim, ada juga kualitas produk yang tidak sesuai dengan foto yang ditampilkan pada toko online, selain itu juga produk yang dikirim berkualitas rendah atau dengan kata lain bukan yang semestinya barang yang dipesan pelanggan. Dengan begitu timbul semacam trauma terhadap konsumen untuk membeli sebuah produk secara online.

Kenapa sih hal tersebut bisa terjadi? Ada anggapan kalau si penjual memang secara sengaja dan sadar melakukan kecurangan tersebut demi mendapatkan keuntungan berlipat. Tapi ada juga yang berpendapat bahwa terjadi kesalahpahaman pada saat proses pemesanan barang. Di sini perlu ketelitian antara si penjual maupun pembeli.

Untuk menghindari kondisi seperti di atas, kita sebagai pelaku bisnis online harus mencantumkan alamat lengkap dan contact person yang bisa dihubungi, baik melalui telepon, SMS, maupun BBM dan sejenisnya. Selain itu, kita juga harus membuat toko online yang informatif. Mulai dari memajang foto produk disertai dengan penjelasannya hingga menampilkan bukti pengiriman barang yang sudah dikirim. Jadikan kejujuran sebagai pondasi menjalankan bisnis online. Setuju?

# 2 Persaingan Bisnis Cukup Ketat

Jangan heran jika melihat banyak barang yang dijual sama pada sebuah marketplace. Ini sangat wajar terjadi pada bisnis online sebagai persaingan. Banyak nya pelaku usaha konvensional yang memasarkan produk mereka secara online membuat persaingan semakin ketat. Selain itu juga, mereka yang menekuni usaha online melalui cara dropship atau reseller memberikan warna tersendiri. Akibatnya, pasar bisnis online menjadi sempit dan tidak mudah menjaring pelanggan potensial, meskipun target atau sasaran pada prinsipnya tidak terbatas.

Untuk menghadapi hal tersebut, kita perlu mengumpulkan banyak ilmu dan mempunyai strategi khusus demi menjaring pelanggan yang loyal. Misalnya, membaca buku, konsultasi dengan mentor, atau mengikuti kursus online yang telah melahirkan banyak alumni yang sukses di bidangnya.

Jangan lupa beri nilai tambah pada produk yang anda tawarkan, sebagai contoh sebuah produk memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan produk orang lain. Harganya bersaing, kemasan menarik, gratis ongkos kirim dan sejenisnya. Hal ini akan menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam membeli produk yang kita jual.

# 3 Koneksi Internet Lambat

Indonesia masih terbilang negara yang mempunyai koneksi internet lambat. Karena itulah salah satu kendala yang muncul dalam menjalani bisnis online. Mungkin bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan masih cukup oke untuk urusan koneksi. Akan tetapi bagi mereka yang berada di daerah pinggiran masih jauh dari kata cukup.

Setidaknya kita perlu menyediakan modem internet berkecepatan tinggi, yaitu 14,4 Mbps atau di atasnya. Tentu memerlukan biaya tambahan untuk merasakan hal itu. Pilihan lain coba beberapa kartu layanan internet dari provider yang menyediakan kualitas sinyal kuat dan stabil.

# 4 Pengetahuan Bisnis Online yang Terbatas

Dalam mencermati kendala umum pada bisnis online, masih minimnya pengetahuan para pelaku usaha online. Banyak orang yang menjalankannya hanya sekedar ikut – ikutan. Mereka yang belum mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan agar bisa meraih sukses namun memberanikan diri dengan alasan Learning by doing. Akibatnya, usaha yang dijalani cenderung stagnan atau tidak pernah meningkat setiap bulannya.

Untuk bisa keluar dari zona tersebut, kita perlu mempelajari seputar bisnis dari buku, melihat video tutorial sukses berbisnis di YouTube dan masih banyak lagi di internet yang menyediakan tip dan trik seputar bisnis online.

baca juga : strategi meningkatkan penjualan bisnis online

Setelah kita mencermati kendala umum pada bisnis online dan tau cara mengatasinya, barulah dengan sigap dan penuh semangat kita mulai merancang sekaligus membangun bisnis online yang memiliki prospek baik. Tidak asal ikut-ikutan, bukan sekedar mencari keuntungan, namun dapat membawa manfaat bagi orang banyak.

Salam Sukses Bagi Kita Semua!!

Silahkan Berlangganan dan Download 3 Ebook Gratis Mencerdaskan

3 comments on “Mencermati Kendala Umum Pada Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.