Tips Bisnis Online Dropship

Tips Bisnis Online Dropship

Tips Bisnis Online Dropship – Adalah jenis bisnis yang ada sejak lama, namun gaungnya baru didengar setelah perkembangan teknologi internet kian marak seperti sekarang. Melihat masyarakat semakin ramai beraktivitas di dunia maya, potensi akan kesuksesan dunia e-commerce atau bisnis online juga semakin meningkat. Hal inilah yang menjadikan dropship sebagai bagian dari bisnis online menjadi semakin banyak diminati. Lantas, apakah berbisnis dengan cara dropship ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah pro di dunia bisnis? Jawabannya tentu saja tidak.

Dropship merupakan salah satu bentuk metode jual beli barang dengan berbasis online, di mana dengan menggunakan metode ini dapat memungkinkan pelakunya tidak perlu memiliki modal besar. Tips Bisnis Online Dropship ini diterapkan pada bisnis dengan metode dropship yang kemudian disebut dropshipper, bertugas untuk menjual barang yang tersedia pada supplier melalui media online atau bisa juga media offline. Jika Anda masih belum memahami bisnis metode dropship, mari kita coba ambil contoh kasusnya di sini.

Baca Juga: Tips Bisnis Online Twitter

Cara bisnis ini melibatkan 3 elemen di dalamnya, yakni supplier, dropshipper dan konsumen. Dalam hal ini tugas dari dropshipper hanyalah melakukan penjualan di media online maupun offline dari barang yang tersedia di supplier.

  • Tidak perlu stok barang sendiri. Dengan kata lain, dropshipper bisa menjual barang meskipun ia tidak memiliki barangnya sendiri. Hal ini karena seorang dropshiper yang bertugas menjual barang, di mana barangnya sendiri sudah tersedia di supplier.
  • Tidak ada biaya operasional seperti halnya bisnis pada umumnya. Bisanya sebuah bisnis yang dijalankan secara offline membutuhkan biaya operasional seperti biaya listrik, biaya pegawai, biaya sewa toko, dan yang lainnya.
  • Praktis dan efisien. Dropship ini tergolong dalam bisnis online paling mudah. Tetapi jangan salah, peluang bisnis ini juga sangat menguntungkan. Dengan menjadi seorang dropshiper, modal yang diperlukan hanyalah modal internet dan gadget untuk mengaksesnya.

Melalui internet inilah seorang dropshiper bergerilya mencari konsumen, sementara ia tidak perlu khawatir harus membeli barang untuk stok karena stoknya sudah ada di supplier. Jika ada konsumen yang ingin beli, dropshipper tinggal memesan ke supplier, dan supplier akan mengirim barang langsung ke alamat konsumen. Praktis dan efisien bukan? Pekerjaan ini juga bisa dilakukan di mana saja. Cukup stand by di depan layar, Anda bisa mendapatkan pendapatan tambahan yang lumayan.

Baca Juga: Tips Bisnis Online Tanpa Modal

  • Bisa dilakukan oleh pebisnis pemula, maupun pebisnis yang sudah profesional. Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, dropship ini merupakan bisnis yang praktis, efisien, dan mudah dilakukan. Tak heran menjadi seorang dropshipper bisa dilakukan oleh siapa saja, bisa oleh pebisnis pro, karyawan, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga.
  • Bisnisnya mudah, untungnya melimpah. Bicara tentang keuntungan yang banyak, tentunya harus melibatkan konsumen yang tidak sedikit. Untuk itulah agar bisa mendapatkan banyak profit dari dropship ini, maka yang perlu dilakukan adalah melakukan promosi seluas-luasnya, dan perluas jaringan pertemanan di media sosial yang digunakan sebagai media promosi. Semakin banyak jaringan pertemanan yang dimiliki, maka akan semakin meningkatkan jumlah konsumen yang berimbas pada kenaikan pendapatan.

Tips Bisnis Online Dropship selanjutnya sebagai berikut.

  • Pilihlah supplier yang tepat. Salah satu kunci suksesnya sebuah dropship tanpa modal adalah supplier yang terpercaya. Untuk itulah dalam memulai bisnis ini, penting bagi dropshipper agar bisa bekerja sama dengan supplier yang jujur dan punya barang-barang berkualitas. Dengan demikian, hal ini akan berimbas pada kepuasan pelanggan dan dropshipper pun akan terhindar dari komplain konsumen.
  • Jadilah dropshipper yang jujur. Sebagai dropshiper yang notabene tidak mengetahui kondisi fisik dari barang yang dijual, maka modal promosi yang ia lakukan adalah berdasarkan gambar produk yang diberikan supplier. Untuk itu agar konsumen dapat mengetahui dengan detail kondisi fisik barang yang dibeli, maka dropshiper harus bisa menjelaskan kondisi fisik barang sesuai dengan apa yang tertera pada deskripsi barang di katalog supplier.

Baca juga: Tips Bisnis Online Melalui Google +

  • Pilihlah gambar produk yang jelas, atau sebisa mungkin ada gambar dari berbagai angle. Seorang dropshipper menjual barang dalam bentuk gambar atau foto produk supplier kepada konsumennya. Untuk itu agar dapat menarik perhatian dari calon pelanggan, maka pemilihan gambar produk yang tepat adalah hal utama yang harus diperhatikan. Coba mintalah pada supplier agar memberikan gambar dengan kualitas terbaik guna menarik minat pembeli.
  • Lakukan promosi di banyak media. Meskipun dropship ini merupakan bisnis berbasis online, namun dalam promosinya seorang dropshipper bisa melakukan promosi secara online melalui berbagai media virtual, atau via offline. Cara promosi offline ini misalnya ke tetangga rumah, rekan kerja, teman-teman, atau kerabat lainnya. Ketika melakukan promosi offline, jangan lupa untuk cetak katalog produk yang dijual agar memudahkan calon pelanggan untuk melihat-lihat produk. Sementara itu ketika promosi online, jangan lupa share di semua media sosial yang Anda miliki.

Kuncinya, semakin banyak media yang digunakan tentunya akan semakin melipat gandakan jumlah calon pelanggan sehingga keuntungan semakin berlipat ganda. Itulah Tips Bisnis Online Dropship yang bisa anda lakukan, semoga bermanfaat dan salam sukses.

Silahkan Berlangganan dan Download 3 Ebook Gratis Mencerdaskan

2 comments on “Tips Bisnis Online Dropship

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *