Tips Sukses Promosi Saat Ramadhan

Tips Sukses Promosi Saat Ramadhan

Tips Sukses Promosi Saat Ramadhan – Waktu terus berputar tiada henti, kini sudah memasuki malam ke empat di bulan Ramadhan. Fakta menunjukkan bahwa umat muslim adalah mayoritas secara jumlah di Indonesia, maka tentu saja bulan Ramadhan menjadi sangat signifikan untuk penjualan Anda. Lalu bagaimana Anda bisa memanfaatkan momentum Ramadhan ini untuk meningkatkan penjualan bisnis online anda? Simak Tips Sukses Promosi Saat Ramadhan.

Baca juga: Tips Bisnis Online Via Facebook

Perilaku Konsumen selama Bulan Ramadhan menjadi sorotan bagi kita yang ingin melakukan promosi. Selain itu, memahami perilaku konsumen di bulan Ramadhan akan memberikan insight atau informasi yang bisa membantu membuat promosi Anda sukses. Berikut ini beberapa perilaku konsumen Indonesia selama bulan Ramadhan:

  • Konsumen akan melakukan lebih banyak pembelian di bulan Ramadhan karena kondisi lapar membuat orang lebih banyak melakukan pembelian. Hal ini sesuai dengan penelitian dari University of Minnesota yang menyatakan bahwa berbelanja di saat lapar bisa membuat orang membeli lebih banyak, bukan hanya membeli makanan dan minuman, namun juga membeli barang-barang lainnya.
  • Konsumen tidak terlalu peka harga. Selain akan membeli lebih banyak, konsumen juga tidak akan terlalu peka dengan harga. Hal itu juga didukung dengan adanya Tunjangan Hari Raya yang membuat konsumen tidak terlalu lama mempertimbangkan masalah harga karena toh mereka punya uang lebih (THR).
  • Hal-hal yang berkaitan dengan religiusitas lebih diminati. Produk-produk yang berkaitan dengan ibadah di bulan Ramadhan lebih banyak diminati oleh konsumen. Jika produk Anda tidak berkaitan dengan ibadah bulan Ramadhan, jangan khawatir. Anda tetap bisa membuat promosi jitu dengan memanfaatkan momentum yang sesuai dengan semangat Ramadhan.
  • Waktu berbelanja konsumen online berubah. Karena ibadah puasa di bulan Ramadhan juga membuat kegiatan konsumen berubah (terkait dengan perubahan jam tidur dan jam kerja), maka waktu konsumen berbelanja secara online juga berubah. Anda harus peka memahami fenomena ini agar promosi Anda maksimal. Kapan waktu yang tepat untuk melakukan promosi? Baca terus yah sampe selesai..
  • Menjelang Lebaran, pembelian akan semakin tinggi. Hal ini terkait dengan Tunjangan Hari Raya yang biasanya diberikan sekitar seminggu atau dua minggu sebelum Ramadhan berakhir, maka semakin dekat Lebaran, penjualan akan semakin gila-gilaan. Selain itu, budaya mudik menjelang Ramadhan berakhir juga membuat konsumen membeli banyak barang baik untuk oleh-oleh atau untuk menyambut keluarganya yang pulang kampung.
  • Buka Puasa bersama adalah kegiatan yang paling banyak dilakukan. Pada masa Ramadhan ini akan ada banyak sekali orang yang memanfaatkannya untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman atau keluarganya dengan berbuka puasa bersama. Jika Anda memiliki usaha kuliner yang lokasinya bisa menampung banyak orang, ini saat yang paling tepat untuk melancarkan promosi.
  • Konsumen muslim tertarik pada kegiatan amal. Selain melakukan kegiatan konsumtif, bulan Ramadhan juga membuat orang lebih murah hati dalam bersedekah karena mengharapkan pahala yang berlipat ganda. Jika Anda bisa membuat program promosi yang melibatkan kegiatan amal, Anda akan lebih mudah memenangkan hati calon konsumen Anda.

Baca juga: Tips Bisnis Online Instagram

Baru-baru ini Facebook for Business juga merilis infografis seputar perilaku pengguna FB dan hal ini termasuk bagian penting dalam tips sukses promosi saat Ramadhan, sebagai berikut.

Waktu yang tepat untuk melakukan Sukses promosi online di bulan Ramadhan sangat erat kaitannya dengan kapan sesungguhnya para calon konsumen aktif mengakses internet. Pada bulan Ramadhan, mayoritas orang di Indonesia akan mengakses internet pada jam-jam berikut ini:

  • 3:00 – 5:00 WIB Periode menjelang sahur, selama sahur, dan menjelang subuh juga banyak digunakan orang untuk mengakses internet. Walaupun hanya sebentar, namun waktu ini cukup baik untuk melakukan promosi.
  • 12:00 – 13:00 WIB Waktu istirahat siang yang biasanya digunakan untuk makan siang akan beralih digunakan untuk mengakses internet. Karena sedang berpuasa tentunya.
  • 16:30 – 18:30 WIB Pada bulan Ramadhan, sebagian kantor memiliki jam kerja yang berakhir lebih awal, sehingga pada pukul 16:30, orang-orang sudah banyak yang terlepas dari pekerjaan dan akan menghabiskan waktu untuk menunggu buka puasa, salah satunya dengan mengakses internet. Jumlah orang yang mengakses internet akan menurun seiring dengan datangnya waktu Isya, waktunya ibadah tarawih dilaksanakan.
  • 21:00 – 23:00 WIB Dan setelah orang selesai melaksanakan ibadah shalat tarawih dan kembali mengakses internet sampai menjelang tidur. Selain terkait dengan jam promosi, waktu yang tepat untuk melakukan promosi di bulan Ramadhan juga terkait dengan produk apa yang Anda tawarkan.

Jika di atas adalah perilaku konsumen pada jam tertentu, maka akan ada sedikit perubahan seiring dengan bergantinya hari pada Ramadhan. Tips sukses promosi saat Ramadhan juga dapat dilihat memasuki hari ke berapa. Berikut uraiannya

  1. Pada 10 hari pertama, konsumen masih fokus pada ibadah. Produk-produk seperti buku-buku agama Islam adalah produk yang tepat untuk ditawarkan pada periode ini.
  2. Pada 10 hari kedua, konsumen akan mulai banyak melakukan aktivitas buka bersama. Pengusaha kuliner harus gencar mempromosikan produknya. hehe
  3. Pada 10 hari terakhir, pada saat perusahaan sudah mengeluarkan Tunjangan Hari Raya, fokus konsumen sudah beralih pada persiapan hari raya Idul Fitri. Segala macam produk mulai kue lebaran, parcel, fashion, gadget, kendaraan bermotor, dan banyak produk lainnya juga harus gencar dipromosikan pada periode ini.

Itulah beberapa Tips Sukses Promosi Saat Ramadhan, Anda bisa menyesuaikan dari jenis produk yang akan dipasarkan. Semoga keberkahan menaungi kita semua di bulan yang penuh berkah ini.. Aamiin. Selamat mencoba dan salam sukses.

Silahkan Berlangganan dan Download 3 Ebook Gratis Mencerdaskan

One comment on “Tips Sukses Promosi Saat Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.